Penentuan Idul Fitri 1432 Hiriyah / 2011

Bulan Ramadhan akan segera berlalu. Setelah sebulan penuh berpuasa, umat islam akan segera merayakan hari kemenangan yaitu hari Idul Fitri. Dan kapankah hari Idul Fitri untuk tahun 1432 Hijriyah ini. Kalau menurut kalender Masehi Idul Fitri tahun ini jatuh pada tanggal 30 dan 31 Agustus. Namun tentunya hari Idul Fitri masih harus di tetapkan dengan serangkaian proses.

Pejabat Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat, Marzuki menyatakan penetapan Idul Fitri 1432 Hijriyah akan diputuskan Senin 29 Agustus 2011 pada sidang isbath yang digelar Kementerian Agama di Jakarta . Sidang tersebut akan dilaksanakan pukul 20.00 WIB dan diikuti jajaran Kementerian Agama, pakar dan akademisi yang menguasai metode hisab dan rukyat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas Islam.

"Sidang isbath tersebut akan menetapkan Idul Fitri 1432 Hijriyah berdasarkan hasil rukyatul hilal (melihat bulan) yang dilakukan oleh Badan Hisab Rukyat di 33 provinsi di Indonesia," demikian ungkap
kepala Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar Marzuki di Padang, Kamis (25/8).
Menurut perhitungan hisab, lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2011. Tapi untuk penentuannya pemerintah akan melakukan metode lain yaitu dengan melakukan rukyatul hilal.

Rukyatul hilal tidak hanya di laksanakan oleh pemerintah pusat, tapi juga di berbagai daerah di tanah air. 
Di Padang, Badan Hisab Rukyat Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat juga akan melakukan rukyatul hilal pada Senin 29 Agustus 2011 di Bukit Putus Kecamatan Lubuk Begalung Padang.
Rukyatul hilal dilakukan pada pukul 18.05 WIB dengan menggunakan sejenis teropong yang dinamakan teodolit.

"Hasil pengamatan akan langsung dilaporkan pada sidang isbath yang digelar Kementerian Agama di Jakarta sebagai salah satu acuan penetapan Idul Fitri 1432 Hijriyah," lanjut Marzuki.
Marzuki lebih lanjut menyampaikan,
Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat mengimbau kepada masyarakat agar melaksanakan Idul Fitri sesuai hari yang ditetapkan oleh pemerintah.
"Dengan menunggu keputusan pemerintah akan menghilangkan keraguan terhadap penetapan Idul Fitri," katanya lagi.
Dengan pelaksanaan Idul Fitri yang serentak tentunya akan membuat suasana pelaksanaan lebih khusyuk dan khidmat.
Namun jika nanti ada sebagian masyarakat yang merayakan Idul Fitri di hari yang berbeda, tentunya kita harus tetap saling menghargai dan menghormati perbedaan tersebut. Kita harus menjadikan perbedaan tersebut sebagai rahmat dan momentum untuk meningkatkan ukhuwah dan tali silaturahmi antar sesama umat.
Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah. MInal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir Batin

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Pengunjung