DAFTAR KLUB PESERTA KOMPETISI LIGA INDONESIA 2011/2012

JUMLAH PESERTA MEMBENGKAK MENJADI 24 KLUB



Kompetisi liga Indonesia musim depan dipastikan akan digelar dengan format satu wilayah. Namun terjadi pembengkakan jumlah peserta dari semula 18 klub menjadi 24 klub.
"Format kompetisi tetap satu wilayah sesuai amanat Kongres PSSI di Bali. Namun sesuai pasal 37 Komite Eksekutif berhak menentukan jumlah klub peserta, yang maksimalnya 24 klub," kata Djohar Arifin Husin, Ketua Umum PSSI usai rapat komite eksekutif PSSI di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (22/9/2011) dinihari WIB.
Hal inilah yang mendasari PSSI menambah jumlah peserta kompetisi tertinggi di Indonesia musim 2011/2012 yang dipastikan bertambah dari 18 klub menjadi 24 klub.

"Lanjutan rapat Exco yang kemarin kita lanjutkan hari ini. Exco telah memutuskan, pembahasan mengenai kompetisi bahwa kompetisi tetap satu wilayah sesuai amanat kongres Bali (Januari lalu). Kalau jumlah klub, itu Exco yang menentukan. Itu ada di statuta,"Tambah Djohar.
"24 tim maksimal. 18 yang lalu ditambah enam tim. Yakni, PSM Makassar, Persema Malang, Persibo Bojonegoro, PSMS Medan, Persebaya, dan Bontang FC. Dan klub-klub ini sampai tanggal 26 tetap kita verifikasi, terutama soal finansial dan stadion," papar Djohar.

Djohar kemudian juga menjelaskan perihal status PSM, Persibo dan Persema yang sempat keluar dari Liga Indonesia untuk gabung dengan Liga Primer Indonesia. Untuk pemilihan klub PSMS Medan dan Persebaya Surabaya, kata Djohar, didasarkan pada banyaknya pendukung dan sejarah serta keinginan dari sponsor. Sedangkan Bontang FC dipilih karena terbaik dari klub yang didegradasi.

"PSM sudah dicabut skorsingnya pada kongres 14 april. Sementara Persibo dan Persema, pada rapat 14 April mengamanahkan kepada Exco untuk merehabilitasi keanggotaan. Jadi secara hukum ketiganya tidak ada masalah," terang Djohan

Dengan demikian, klub peserta kompetisi yang berasal dari ISL musim lalu yang berpeluang ikut serta di kompetisi tertinggi Tanah Air yakni Persipura, Arema, Persija, Semen Padang, Persib, Persisam, Persiba, Persela, Sriwijaya FC, Persiwa, Deltras, PSPS, Pelita Jaya dan Persijap.

Sedangkan empat klub promosi dari Divisi Utama adalah Persiba Bantul, Persiraja Banda Aceh, Mitra Kukar dan pemenangan play off, yakni Persidafon Dafonsoro.



"Tetapi semuanya harus mampu lolos verifikasi yang berakhir pada 26 September, terutama terkait dengan pendanaan dan fasilitas infrastruktur terutama stadion," papar Djohar.
"Data ini belum final. Jika ada yang tidak lolos verifikasi maka jumlah klub akan berkurang seiring dengan hasil verifikasi," kata Djohar.

Dengan 24 klub terlibat di Liga Indonesia musim depan, jadwal kompetisi jelas menjadi lebih panjang, yakni 46 pekan. Hal itu, nilai Djohar, bukanlah sebuah masalah.

"Ya ini adalah bagian dari perubahan. Kita lihat saja. Tapi, kita sudah menyampaikan kepada FIFA dan AFC, mereka tidak ada masalah." Demikian tambahnya
  
Daftar Lengkap Peserta Liga Profesional PSSI (Update)

Klub Liga Super:


1. Persipura Jayapura


2. Arema Malang


3. Persija Jakarta


4. Semen padang


5. Srwijaya FC


6. Persisam Samarinda


7. Persib Bandung


8. Persiwa Wamena


9. Persela Lamongan


10. Persiba Balikpapan


11. PSPS Pekanbaru


12. Pelita Jaya


13. Deltras Sidoarjo


14. Persijap Jepara


Klub Divisi Utama


15. Persiba Bantul


16. Persiraja Banda Aceh


17. Mitra Kukar


18. Persidafon Dafonsoro


Klub Tambahan


19. Persema Malang


20. Persibo Bojonegoro


21. PSM Makassar


22. PSMS Medan


23. Persebaya Surabaya


24. Bontang FC


Apapun format kompetisinya dan berapa jumlah pesertanya, Kita sebagai pecinta sepakbola Nasional tentunya berharap bahwa Kompetisi Musim depan bisa berjalan dengan lebih baik, yang pada akhirnya bisa memberikan prestasi kepada Timnas kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Pengunjung