HARGA DAN SPESIFIKASI ALL NEW TOYOTA AVANZA-XENIA 2012



HARGA GENERASI TERBARU AKAN LEBIH MAHAL


Gosip mengenai bakal meluncurnya mobil All-New Toyota Avanza semakin santer terdengar. Menurut rumor yang bersumber dari pihak internal Toyota Astra Motor (TAM), kemungkinan generasi terbaru Avanza tersebut akan diluncurkan akhir tahun ini. Kemungkinan sekitar bulan November. Begitu juga All New Daihatsu Xenia pun akan segera di release. 
 
Menurut Joko Trisnyoto,Direktur Pemasaran TAM, ketika ditanyakan tentang perkiraan peluncuran  Avanza Generasi ke-2 tersebut, hanya menjawab ,“Tergantung pada Daihatsu!”
Sedangkan Kepala Pemasaran Domestik ADM Elvina Afny,  ketika ditanyakan tentang All-New Xenia,  hanya berujar, "Pokoknya yang ditunggu-tunggu orang, muncul tahun ini."
Ketika masalah harga, Joko menyampaikan bahwa harga tetap akan naik "Pasalnya All-New. Semuanya serba baru. Total change!" Namun dia tidak menjelaskan berapa kenaikan harga mobil tersebut.
Joko Trisnyoto hanya menambahkan, harga model baru naik, dipastikan generasi sebelumnya juga akan naik. “Biasanya sih begitu!” ujar Joko yang sudah berbakti di TAM hampir 40 tahun.


Jika dilihat dari harga Avanza saat ini, yaitu yang terbaru paling murah Rp136,1 juta. Varian yang paling laris manis adalah tipe G bermesin 1.3 liter, dijual Rp151,550 juta. Berarti kemungkinan harga All-New Avanza untuk varian paling laris diperkirakan mendekati Rp160 juta. Avanza pun naik kelas. Sedangkan yang paling mahal adalah Avanza 1.5S transmisi otomatik Rp174,225 juta. Nah, kalau varian ini harganya naik, akan mendekati Kijang Innova bisnis bensin, Rp182 juta.




Model dan Spesifikasi 
Selama tahun lalu, menurut informasi yang diterima, All-New Avanza sudah sampai pada tahap  tes di sirkuit milik Bridgestone, Karawang, yang dilakukan malam hari. Namun, bocoran sosoknya masih mampu dijaga dengan rapat oleh Toyota dan Daihatsu. Masyarakat dipersilahkan untuk memperkirakan sendiri. 
Tema paling sensasi  dari kemunculan All-New Avanza adalah  perkiraan modelnya. Nah, karena Toyota juga memasarkan Avanza di India, bocoran di negeri ini lebih dahsyat. Karena itu fotonya banyak digunakan oleh media  on-line lain.
Disebutkan, bocoran gambar diperoleh ketika All-New Avanza dalam tahap rendering. Melihat gambarnya, para pemerhati langsung saja menilai, MPV kompak 7-penumpang ini lebih moderen futuristik, dinamis dan mewah. Lampu utama depan dirancang dengan bentuk trapesium. Gril mirip dengan Toyota Etios.


Dari beberapa gambar rendering yang di publikasikan oleh beberapa media on-line di India memperlihatkan sosok All-New Avanza tidak berbeda jauh dengan sosok si kembar Daihatsu-Toyota,  yang diluncurkan menjelang akhir 2009,  yaitu Boon Luminas dan Passo Sette. Hanya ada perubahan pada bentuk lampu utama depan, gril , bumper depan, lampu kombinasi belakang dan bentuk quarter window (kaca samping paling belakang yang tidak bisa dibuka).
Dimensi Boon Luminas-Passo-Sette dengan Avanza-Xenia yang sekarang juga tidak berbeda jauh.

Berikut spesifikasi dalam tabel (unit dalam mm)



Avanza-Xenia Boon Luminas-Passo Sette
Panjang 4.120 4.120
Lebar 1.630 1.695
Tinggi 1.695 1.620
Jarak sumbu roda 2.655 2.750

Boon Luminas-Passo Sette lebih lebar dan ceper! Perbedaan lain adalah sistem gerak. Boon Luminas dan Passo Sette, gerak roda depan, sedangkan Avanza -Xenia saat ini gerak roda belakang. Apakah Toyota dan Daihatsu beralih atau tetap mempertahankan konsep ini?
Ada informasi menarik dari Toyota Asia Pasifik yang berpusat di Singapura, konon Toyota melalui produk barunya – juga MPV - akan berusaha merebut pasar yang selama ini diambil oleh Nissan Grand Livina (di bawah Innova). Apa mungkin dengan menambah line-up Avanza? 
Sebagai tambahan, di India Toyota All-New Avanza sangat diharapkan untuk mengisi kekosongan antara Innova dengan Etios. Apalagi, Toyota berambisi memperbesar pangsa di negara tersebut, dengan pertumbuhan kedua tertinggi di Asia, setelah China.



Juga Ditunggu di India, Malaysia, dan Thailand.


Kehadiran All-New Avanza ternyata tidak hanya di tunggu di tanah air saja. Konsumen seperti di India, Thailand dan Malaysia juga menunggu. Ini bisa dilihat dari situs dan blog otomotif yang membicarakan jadwal kehadiran dan perkiraan sosok All-New Avanza.

Avanza-Xenia, produk kolaborasi Toyota-Daihatsu, diproduksi  oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan sebagian kecil di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). MPV tujuh penumpang ini menggunakan mesin 1.000 cc, 1.300 cc (Daihatsu) serta 1.300 cc dan 1.500 cc untuk Toyota.
Pertama kali dilepas ke pasar 2004, MPV ini langsung mencatatkan penjualan tertinggi di Indonesia. Prestasi ini bahkan berlanjut sampai tahun lalu (2010) dengan penjualan kedua merek mencapai 207.700 unit, masing masing Avanza (141.799 unit) dan Xenia (65.901 unit).

Toyota sendiri sampai akhir tahun lalu mengaku, Avanza sudah terjual 500.000 unit. Berdasarkan data yang diperoleh  Kompas.com., dari 2007–2010, Avanza terjual 389.409 unit dan Xenia 172.289 unit  atau total keduanya 561.698 unit.

OK, Kita tunggu saja kehadiran kedua mobil tersebut


0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Post

Pengunjung